Senin, 20 September 2010

PENYUSUNAN SKALA PSIKOLOGI


Penyusunan Skala Psikologi (PSP) adalah salah satu mata kuliah yang penting. Jangka panjang nya adalah dalam rangka penyusunan skripsi. Apa lagi atribut psikologi tentunya tidak sembarangan dalam membuatnya. Ada kaidah-kaidah yang harus dipatuhi untuk membuat skala yang baik dan benar.
Mata kuliah yang satu ini bisa dibilang tingkat kesulitannya ”tinggi”, tapi bagi yang suka tantangan mah ini asik-asik aja. PSP ini juga membutuhkan kedisiplinan coz tugasnya berantai, dari membuat blue print hingga try out kemuadian menghitung daya beda aitem.
Nah lo..., bagi yang malas-malasan siap-siap aja untuk ketetheran. Nggak usah heran bila nanti perpus jadi rame, full bin penuh. Kita bisa liat nich kualitasnya dari sini;
Ada yang langsung menjujug membuka skripsi lalu copy paste, ada yang kebingungan mencari buku (untuk yang satu ini mah wajar)
dan yang lucu ketika langsung tho the point tanya sama penjaga perpus; ”....pak buku yang ada teori/aspek ini dimana ya..?”.
PSP ini butuh penguasaan landasan teori, coz yang di gali untuk di buat aitem berdasarkan aspek, dimensi, ciri-ciri. Belum sampai di situ biasanya dosen akan melarang sumber dari internet, atau harus menunjukan buku aslinya. Siiiip....dah bagi yang terbiasa menggantungkan dengan mbah Google bisa berabe nich.
Selain dalam kesulitan mencari rujukan teorinya, juga di butuhkan kreativitas yang lebih ketika menulis aitem; gampang-gampang susah lho. Yah nanti kalian akan merasakannya sendiri. Oiya...belum lagi masalah teknis penyebaran skala (try out), ingat nggak kalian waktu ada kakak ankatan atau senior yang lagi bagi skala buat tugas atau skripsi dan kita dimintai tolong mengisi ? Ingat lho KARMA;
Kalo kita malas-malasan buat ngisi atau menolak nggak mau ngisi, nah kini giliran kamu ketika try out, gimana rasanya ketika ada orang menolak nggak mau ngisi ? dongkolkan ?! So makanya kalau ada senior yang sedang butuh bantuan untuk mengisi skala atau apa bantulah dengan ikhlas (kaya iklan aja: ikhlaslah dalam menolong, he2). Ingat ! suatu saat kita juga akan melakukan hal yang serupa.
Tips aja nich masalah teknisnya:
1.    Jangan Malas
Buatlah scedule/jadwal yang harus kamu tepati, jika minggu ini di suruh untuk membuat blue print buatlah tepat waktu, semakin lama semakin kamu merasa tergesa-gesa. Pa lagi tugas kuliah lain juga nggak bisa ditunda. Kalau waktunya konsultasi ya konsultasi. Pokoknya kalo menunda-nunda nggak ada manfaatnya.
2.    Tentukan subyek
Jika subyek kamu mahasiswa, lebih efisien jika kamu masuk kelas dari pada di sebar diluar satu-satu coz skala kamu akan mudah kembali. Tapi kamu harus minta izin terlebih dahulu pada dosen pengampu kelas yang akan di masuki. Kalau subyek anak sekolahan atau masyarakat, lembaga pemerintahan, Swasta atau apa; jangan lupa buat surat izin dari fakultas. Tentukan waktunya sehingga tidak menggagu kesibukan subyek.
3.    Buatlah tugas mu itu sendiri
Yakinlah, kesulitan dan susah payah kamu menjajah dan mengeksplore tugas ini, cari sana cari sini, pasti akan membawa manfaatnya. Nggak usah copy paste   skripsi. Kalaupun melihat skripsi kamu hanya memastikan dan mencari refrensi tersebut. Proses itu yang akan menjadikan kamu mengerti dan akan membantu mu kelak ketika menyusun skripsi.
4.    Tanya Senior
Senior bisa jadi rujukan lho; kita bisa minta kasih saran, masukan dan lain-lain. Jangan jadi oportunis dong (cari keuntungan pribadi), pas butuh kamu nyembah-nyembah minta tolong. Kalau lagi ada tugas baru main ke kos atau rumah senior. Jujur aja rujukan senior lebih ’valid’, mintalah sarannya waktu kamu mo KRSan. Pinjem buku-bukunya, nah makanya kalau ada senior minta tolong tentang perkulihaan misalnya; jadi testee praktikum, suruh isi skala penelitian jangan menolak.

Oke semoga bermanfaat ya...!!!
Selamat menikmati tugas kalian.

3 komentar:

  1. mas skala psp itu kyak gmna?

    BalasHapus
  2. skala kaya yg di skripsi itu bro?
    cuman kalao di psikologi tu kita pake skala.
    kalo anak ekonomi namanya angket.
    skala sama angket mirip tapi tak sama.
    lebih sulit skala.
    kamu pernah kan suruh ngisi skala dari angkatan atas mu? ya kaya itu tuh namanya skala.

    BalasHapus
  3. Waaaaaaaaaaaaaaaah
    Aq moco blogmu iki dadi deg2an dewe, aq gek jupuk PSP iki maaaaaas!! T__T

    BalasHapus