Jumat, 24 September 2010

Magic's Biggest Secrets Finally Revealed

Ingat nggak dengan mask magician / pesulap bertopeng yang di tayangin di Global Tv (atau cuman ynag di ingat asistenya aja; he2). Sebelumnya si pesulap bertopeng dulu pernah tayang di RCTI. Yang tayang di global Tv itu memang episode terbaru produksi tahun 2008. tapi sayang tayangannya nggak full, malah kadang di edit; tapi diulang-ulang (bosen !). Pasti penasaran kan siapa pesulap itu? Padahal dulu (kalo nggak salah tahun 2000-an) yang tayang di RCTI, pada episode terakhirnya udah membuka identitasnya; ingat nggak..?!.
Kontoversial sich apa yang dilakukannya. Membongkar trik-trik magician hebat. Pro kontra sudah pastinya. Kita sebagai yang awam tentunya enjoy aja menikmati acara itu, senang banget pastinya. Nggak tanggung-tanggung trik2 dari David Copperfield, Criss Angel atau David Blaine di bongkar rahasianya. Coba kalau kita terjun di dunia magic/sulap, apa kalian setuju?

Teringat film The Prestige; simpan rapat rahasia mu, orang-orang pasti ingin menanyakan pada mu dengan cara memujimu. Padahal sebenarnya ia hanya ingin tahu rahasia trik tersebut. Dia tidak akan tertarik pada kamu, melaikan pada trik tersebut. Itulah kenapa ada ’kode etik’ pesulap untuk tidak mengulang trik yang sama. Jadi kalau teman-teman ada yang hobby sulap or lagi belajar, efek sulap itu adalah yang pertama. Kalau anda terpancing buat mengulang trik yang sama mereka (para penonton) bukan tertarik lagi ke pada anda, tapi kepada rahasianya. Biarlah ’penasaran’ itu menghantui orang-orang yang melihat perform anda.
Ada lagi catatan yang menurut saya penting; tentang ulah si pesulap bertopeng itu. Dia Cuma pandai membongkar aja, tapi dia tidak pernah menciptakan trik (kalau tidak salah). Di dunia magic (sulap) orisinalitas adalah menunjukan kualitas magician tersebut. Padahal menciptakan trik itu nggak mudah. Tak heran, bila David Copperfield dituduh bersekongkol dengan jin, karena pada eranya ia menampilakan sesuatu yang belum biasa yang dilakuakn magician lainnya. Ada lagi yang membuat saya jadi agak sebel, trik yang diciptain oleh Wayne Houchin (aku nggak mau sebut trik yang mana...!!!he2), waktu itu umurnya masih 20an tahun; udah jadi magic consultan buat Criss Angel. Salah satu triknya dimainkan di acara tvnya Criss Angel, Mindfreak. Dibongkar juga sama pesulap bertopeng itu.
Ada nasehat dari dari salah satu legend magician; Omar Pasha (Prancis), yang pernah manggung di Indonesia; Duel Mahakarya Magician di RCTI. Saat wawancara yang dilakukan oleh salah satu infotaiment: ”anda tidak perlu bertanya bagai mana melakukan (trik/permainan) tersebut dilakukan, yang perlu anda lakukan adalah dengan melihat dak menikmatinya...”. memang benar kalau trik udah dibongkar/diketahui trik tersebut menjadi tidak sangat menarik.


Lalu siapa pesulap bertopeng itu ? Dia adalah Val Valentino. Ini dia wajah aslinya:










Baca juga posting:


http://www.facebook.com/notes.php?id=1339594595&notes_tab=app_2347471856#!/note.php?note_id=494953592541

http://kakashing.blogspot.com/2010/09/sekali-lagi-tentang-magic.html

2 komentar:

  1. ya ini.. ane juga pernah liat wktu di episode terakhirnya

    BalasHapus
  2. huum... tapi yg di global blm ada mas bro;
    itu yg duluwaktu di RCTI kan.

    yup;
    tu sama aja.
    cuman yg di global tu trik2 new.

    BalasHapus