Kamis, 14 Oktober 2010

Nobel Prize

Inilah Para Pemenang Nobel 2010

Para pemenang hadiah Nobel 2010 telah diumumkan oleh Nobel Foundation. Penghargaan paling bergengsi untuk para tokoh dunia itu sekiranya akan dilangsungkan di Swedia pada 10 Desember 2010 mendatang. Siapa saja para pemenang Nobel 2010?

Pemenang Nobel Kedokteran 2010
Robert G Edwards, menerima penghargaan Nobel untuk bidang Phsyiologi atau Kedokteran, atas karyanya dalam bidang pengembangan embrio secara in vitro. Edwards dikenal sebagai ‘The Father of Test Tube Baby’ atau ‘Ayah Bayi Tabung’. Edwards telah dinilai berhasil membawa kebahagiaan bagi jutaan pasangan di dunia untuk mendapatkan bayi melalui program bayi tabung.


Pemenang Nobel Perdamaian 2010
Nobel perdamaian yang sering kali menuai kontroversi tahun ini diperoleh Liu Xiaobo untuk perjuangannya yang panjang dan tanpa melalui kekerasan membela hak-hak asasi manusia. Pemberian hadiah nobel bagi Liu ini menjadikannya kontroversi sebab Pemerintah Cina menyebut profesor sastra ini adalah seorang penulis pembangkang dan di hukum 11 tahun penjara pada akhir tahun lalu. Namun banyak orang menilai bahwa pemilihan Liu untuk meraih hadiah nobel adalah tepat seperti tahun sebelumnya diraih oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Pemenang Nobel Kimia 2010
Trio, Richard F. Heck, Ei-ichi Negishi, dan Akira Suzuki menerima penghargaan Nobel dalam bidang kimia untuk kerja keras mereka mengembangkan katalis berbasis unsur Paladium untuk reaksi kopling silang dalam sintesis kimia Organik. Walaupun mereka bekerja secara terpisah namun hasil kerja mereka telah memungkinkan kita untuk mensintesis senyawa organik yang lebih kompleks dan rumit sehingga berguna untuk banyak bidang seperti kedokteran, farmasi, biokimia, bahkan elektronik.

Pemenang Nobel Fisika 2010
Duo Andre Geim dan Konstantin Novoselov menerima penghargaan Nobel Fisika untuk terobosan eksperimennya mengenai penggunaan graphene dua dimensi. Graphene merupakan lembaran karbon (seperti kertas) namun hanya memiliki ketebalan 1 atom karbon saja. Graphene memungkinkan penggunaannya dalam bidang katalis, penemuan material baru untuk bahan pesawat ruang angkasa atau mobil, superkonduktor dan lainnya.

Pemenang Nobel Sastra 2010
Nobel Sastra diterima oleh warga berkebangsaan Peru, Mario Vargas Liosa untuk katografinya mengenai struktur kekuasaan dan pandangannya yang tajam akan daya tahan individu dalam menghadapi pemberontakan, perlawanan, dan kekalahan.
Seperti yang telah diketahui bahwa Hadiah Nobel diberikan oleh yayasan Nobel yang didirikan pada tahun 1901 atas hibah yang diberikan oleh Alferd Bernhard Nobel peneu dinamit. Penemuan ini telah membuatnya menjadi kaya, walaupun tujuan dia menemukan dinamit hanya semata-mata untuk membantu pekerjaan kontruksi namun dinamit bagai mata uang bermuka dua disisi lain juga digunakan untuk pembuatan senjata yang dapat membunuh manusia.
Melihat penyalahgunaan penemuannya ini maka Alfred yang wafat pada 10 Desember 1896 ini menghibahkan harta kekayaannya untuk pekembangan ilmu pengetahuan di dunia. (dari NobelPrize.org)

Copy paste from:
http://www.warta.com/coffee-corner/inilah-para-pemenang-nobel-2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar